Sabtu, Februari 28, 2009
19
Hehe lagi kena radang dipaksa buka Mall, akhire ambruk. Jadi setengah hari cuma nyantai tok. Pengen ngomongin Krisis Global nih. Dapat info dari obrolan singkat dengan Vice Manager Toko sesaat setelah tutup toko.

Awalnya beliau melihatku yang lagi main HP. “Lagi internetan ya?”

“Eh, iya pak”, aku memang lagi BW waktu itu, tapi kujawab singkat saja.

“Saya juga suka internetan. Saya lagi senang baca news. Kalau di situ ada link Al Jazeera, langsung saya klik. Belakangan saya suka berita hal krisis global, ternyata mengerikan loh. Reaksinya berantai”.

“Waduh. Kalau saya bisa inggris (bahasa), saya bisa lebih suka dari bapak. Hehehe tapi saya tertarik tentang krisis itu. Bisa tolong jelaskan secara awam orang tahu, Pak.”

“Awalnya di Amerika sana, lagi musim bisnis property. Banyak orang menginvestasikan uangnya ke bisnis itu.”

“Loh, kenapa pak? Menguntungkan ya?” dengan bodohnya kutanya itu.

“Bayangkan saja. Jika kamu bisa buat rumah seharga satu juta. Itu bisa kamu jual sampai lima juta. Gimana? Nah, karena banyak orang berinvestasi di situ. Akhirnya jadi timpang. Jadi banyak yang membangun rumah tapi sedikit yang membeli. Keadaan itu memuncak mengakibatkan terjadi kredit macet”.

Masih dengan tidak tahu, aku tanya lagi,“Kok bisa macet? Kan tidak ada yang beli, Pak”.

“Lihatnya dari si pengembang. Pengembang pinjam uang di Bank. Dengan pasar yang sepi, Bank tetap akan menagih sesuai perjanjian. Pastinya, pengembang belum bisa nyicil. Yang selanjutnya terjadi, pengembang akan menaikkan harga agar jika satu saja terjual bisa sedikit lunasi hutang. Yang terjadi lagi, harga tinggi mana ada yang beli. Nah, kredit macet makin menjadi”.

“Masih berlanjut, Pak?”, Penasaranku meninggi.

“Ada lagi. Masih saling mempengaruhi. Di masa sekarang kan kebanyakan telah memakai transaksi online. Bentuk uang yang dipakai bukan bentuk fisik tapi yah sebut saja uang maya. Perputaran terus terjadi makin membesar. Kondisi yang lalu (kredit macet) menyebabkan kepercayaan kepada Bank berkurang. Orang berlomba-lomba menarik uangnya. Permintaan uang fisik makin banyak. Pemerintah tidak siap dengan kondisi. Tidak mungkin seenaknya membuat uang fisik. Lalu mereka tarik dollar di dunia. Akibatkan nilai dollar meninggi. Mulai terjadi krisis secara global. Reaksinya berantai secara terus-menerus”.

Aku diam, dan berfikir. Kapan selesainya? Padahal itu yang sederhana. Terus yang rumit?! Gak tahu ah, Pusing!!!

19 comments:

  1. Mudah2an kondisinya jd membaik, krisis ekonomi global udah bikn banyak orang kehilangan pekerjaan.

    BalasHapus
  2. krisis itu bermula dari keserakahan kapitalis sial yang ingin duitnya berkembang seperti amuba tanpa diputar di sektor real. cuma memainkan rumus sejenis nPV atau apalah, gak mudeng saya 8-}

    BalasHapus
  3. @witha
    saya juga berharap itu mba, anak2 kost yang udah pada lulus skul yang udah pada kerja pada sedih karena dirumahkan

    @sibaho
    jangan ada yang disalahin pak, mikir solusinya saja,hehe

    BalasHapus
  4. mungkin lebih baik belajar bagaimana mnikmati krisis ini, setelah menikmati baru belajar mencari solusi, gak usah2 muluk2 untuk negeri to bangsa tercinta, buat diri sendiri aja dulu, baru lingkungan kalo bisa negeri, xixixixixixixixi

    lam kenal sob

    BalasHapus
  5. Sama sampai saat ini juga blom mudeng tentang krisis global, tapi kalo dilihat pengaruhnya sangat memprihatinkan

    BalasHapus
  6. wah, kamu jadi pinter bahas ekonomi nih.

    BalasHapus
  7. @atv
    cukup memprihatinkan mas

    @sang cerpenis
    walah mbae ini loh,hehe

    BalasHapus
  8. @atv
    cukup memprihatinkan mas

    @sang cerpenis
    walah mbae ini loh,hehe

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. ooo jadi gitu..
    taunya di amrik emang ada kredit macet..tapi apanya yang macet...

    nice info :)

    BalasHapus
  11. wah gawat nih. kalau indo Berdikari, bisa gak ya.?

    Buat barang sendiri kayak jepang, terus di jual di dalam negeri ?

    BalasHapus
  12. Hmmm.. klo menurut saya sih intinya jumlah barang yang beredar sekarang lebih banyak dibanding jumlah uang yang beredar he..he.. btw bener ga yah.. ;))

    BalasHapus
  13. Iya, gara2 krisis global, kerjaan di kalimantan jd sepi nich..
    Di jawa gimana?

    BalasHapus
  14. Oooo gitu ya mas.. saya juga ga ngikuti krisis global sekarang..

    Dan ternyata perkembangan bisnis internet juga mempengaruhi itu to.. hmmmmmm..

    BalasHapus
  15. Oiya mas.. thx ya udah jadi top komentator di blog saya

    BalasHapus
  16. krisis lagi... :(
    hati juga ikut2an krisis pada sebagian teman2ku :(
    salam kenal. kunjungan balik nih. makasih dah neduh di saung saya ya
    salam persohiblogan !

    BalasHapus
  17. @anna
    mbae, di indo malah macet semua

    @jonk
    kotaku kan jepangnya indo, TEGAL 4fr!

    @hryh77
    buener banget, om!

    @rampadan
    tetep rame bos, orang aku kerjae di Mall ya kudu ruame

    @Danta
    hah? top komen? kriterianya apa kok bisa aku kepilih? hehe
    hadiah pertama di dunia perblogan ku!
    terima kasih masDanta

    @Menik
    salam kenal juga mba menik, ehe ehe

    BalasHapus
  18. sekarang property disana harganya udah turun kok tapi kenapa masih harus bail out segala...
    tanyakan sama orang itu ya

    BalasHapus
  19. eh, mo komen lagi...
    sekadar ngasih tau...ambil award ditempat ku yaaa... :)

    BalasHapus

Alhamdulillah jadi juga satu artikel lagi. Buat yang penasaran pengen komeng. Jangan ke sini. Tapi kalau penasaran pengen komen, yuk mari...

 
//add jQuery library