Selasa, April 07, 2009
18
Persahabatan Bagai Kepongpong, hahaha lagu ini lama-lama membosankan juga. Namun lumayan juga sih, bebas dari isyu plagiatisme. Mulai dari yang senior dulu. Sheila On 7, ada lebih dari tiga lagu. Anugrah Terindah kesukaanku ternyata hasil plagiat, katanya. Informasi yang aku dapat kemarin waktu blogwalking. Duh, nama blognya lupa.

Yang kedua, Dewa. Kemarin aku baca, lumayan sedikit. Yang ajaib nih. D'masive, ada delapan lagu! Sudah begitu di cover albumnya juga seperti ngejiplak band rock dunia. Walah-walah. Di blog itu dijelaskan detil judul lagu D'masive jiplak lagu apa group band apa. Wah di blog itu ramai wis. Banyak komentar-komentar seru yang pro juga kontra. Sobat-sobit kudu goggling ah. Hehe nyuruh-nyuruh, bikin posting harusnya lebih niat lagi toh Mas Advin.

Terlepas dari benar atau tidaknya berita itu ada baiknya hal jiplak ini diulas. "Bagaimana bisa salah? Lagu jiplak sama lagu asli sudah diputar bareng dan terdengar hampir sama kok!", hehe bang Taha sudah mulai ngrecokin nih. Teman-teman masih ingat tokoh khayalan pertamaku ini kan? Bukan begitu bang. Bijak dikit ah!

Dih, nyiptain lagu itu gampang loh. Kalau gak bisa, tanya bang Iwan Fals, Bang Doel Sumbang, Pak Ebiet. Mereka pentolan kita. Masa beliau-beliau gak mau nularin ilmunya? Jangan plagiat ah, ngisin-isini. Tuh, negri seberang sudah mulai ngeledek. Dulu sempat muji kita loh. Katanya lagu-lagunya beragam, inovatif. Tidak melulu melayu seperti mereka. Masih junior malah bikin turun pamor saja.

Pengen masuk "Hall of Shame"nya mas Hangga atau mas Alam?! Plagiat itu... Ah, gimana ya cara ngejelasinnya? Pokoknya hal jelek yang mesti dibuang jauh-jauh. Menjiplak hasil karya orang dan mencapnya sebagai milik sendiri?! Tidak malu ya? Kalau dibandingkan masih mending ngebajak. Walau keduanya sama-sama jelek.

Heh?! Kok aku jadi mirip mas Hangga yah? Sangat bersemangat keluarin unek-unek kalau ada sesuatu yang salah. Hehe kalau beliau lebih karena kasus yang menimpanya langsung. Lah kalau aku? Sama juga, mempermalukan negara sama aja menyinggungku! (kalimat pembelaan yang patriotik hehe).

Sudahlah. Percaya deh. Plagiatisme itu merugikan orang lain! Buat pelakunya, bisa memandulkan kreatifitas. Coba saja, kalau D'masive itu tukang jiplak, umur tenarnya bakal pendek. Kita lihat saja gebrakan mereka selanjutnya.

18 comments:

  1. Mas, blogmu error, buerat bngt sampai gak isa dibuka.
    Muncul warning nang laptopku.

    BalasHapus
  2. Copas... ya plagiat bro....
    klu aku sih.. tergantung penulisnya dan jenis artikelnya..... dan etika copas...
    hihihi..

    BalasHapus
  3. Duhhh gw termasuk yaaaaaaaaaaaaaaaaa
    Bes postingan gw modal copas duanggggggggggg
    Kalo ngetik sendiri capeee jarinyaaaa,...bekas nyapu, ngepel nguras bak nyuci baju, nyuci piring dll....gemporrrrrr boooooooooooooooo

    BalasHapus
  4. aslmkm blogadvintro... aku mau nanya nih.... apa menurut mu bahasa online??? apakah kita telah menggunakan bahasa indonesia yg baik dan benar di inernet??

    BalasHapus
  5. Ha..ha mbak Brown Sugar bener tuh mbak..
    kalo abis ngepel, nyapu, cape lah buat ngetik
    kalo ngomongin soal plagiatisme bingung ngejelasinnya
    sebenernya itu plagiat atau mengikuti gaya dan satu aliran?
    kita kadang ngefans pada suatu barang, orang atau apalah
    dan secara gak sadar kita ngikutin gaya orang tersebut.

    BalasHapus
  6. @riosisemut
    dulu juga dikeluhin cebong, malah lebih detail, ada yang bikin berat,warningnya keluar kata jadul.com, udah aku hapus, coba lagi ya, kalo masih, kudu edit template neh

    @Sungaikuantan
    yup,etika copas kudu dijunjung tinggi

    @brownsugar , itik bali
    plagiat gak sampai ke ngikut gaya kok mba, itu loh artinya persis copas wes, kalau sekedar ikut tema, isi tulisan buat sndiri, itu bukan plagiat, aku juga gaya tulisannya niru mas EWA, kalau alur waktu, aku cenderung lagi belajar sama Mba fanny cerpenis, terus ketegasan tulisan, siapa lagi kalo bukan mas Hangga, dll wis

    @bahasa online
    ???

    BalasHapus
  7. udah g muncul warning lgi ... :D ohohoho makasi atas perhatiannya...

    BalasHapus
  8. ihhhh eke ketinggalan berita, mosok iya anugrah terindah itu hasil jiplakan? kyaaa... kan it lagu bagusssss hiksss

    BalasHapus
  9. Kurang mikir dan tidak kreatif ... biar ajalah

    BalasHapus
  10. walah MUI gak ngeluarin fatwa kah utk plagiatisme hihihi

    BalasHapus
  11. Thx dah berkunjung...
    Btw, plagiatisme mang gokil n bikin garing umat manusia, :) Eh, tp, bs jadi juga lagu2 itu hanya kebetulan mirip (kita kan gak tau jelas proses penciptaan lagu mereka yang di sebut di atas?). Sapa tau kejadiannya kayak: "informasi yang aku dapat kemarin waktu blogwalking. Duh, nama blognya lupa" ;) alias mungkin musisi bersangkutan lupa2 inget nada tertentu, kerasa enak di kuping, trus di jadiin lagu deh. Gicu...
    Sori, bro. Komengnya bejibun :-t

    BalasHapus
  12. sebenernya plagiat itu ga kreatif atau kreatif sih??

    aku bilang sih kreatif, coz nyontek! orang nyontek itu kan kreatif! pikirannya panjang! hihii

    BalasHapus
  13. duh jangnan plagiat plagiatan deh
    pissss man

    BalasHapus
  14. blognya bagus, mksh dah mampir

    BalasHapus
  15. plagiat memang sudah jadi makanan sehari ya?

    BalasHapus
  16. Wah... lagi ngomongin d'massiv ya... Googling dulu ah... Kurang info nih saya... :D

    BalasHapus
  17. iya nih mas.. lagi musim kayanya plagiat he..he..

    BalasHapus

Alhamdulillah jadi juga satu artikel lagi. Buat yang penasaran pengen komeng. Jangan ke sini. Tapi kalau penasaran pengen komen, yuk mari...

 
//add jQuery library