Sabtu, November 21, 2009
1
Komunitas Blogger Makasar eksis sampai-sampai mereka diundang jadi tamu salah satu acara di TV One! Top abis! Weleh-weleh, sangat kumengerti. Aku beberapa kali membangun paguyuban bersama teman sekampung mulai dari guyub alumni sampai ikut aktif di ikatan siswa dan mahasiswa kota tempat tinggalku, hehe walau sebatas anggota. Belum pernah se-booming ini. Mungkin ada beberapa kelebihan dari mereka. Simak saja yang berhasil aku ambil dari acaranya. Mudah-mudahan bisa jadi masukan bagi komunitas lainnya.

1. Kesolidan Mereka bersama-sama membangun komunitas.
Bisa kulihat dari kekompakkan mereka menjawab tiap pertanyaan yang diajukan. Yang diundang lima orang. Empat cowok dari satu cewek. Masing-masing memiliki blog pribadi yang jelas terus-menerus dikelola. Tapi mereka masih bisa menyatukan tujuan mereka dalam satu komunitas. Memang gesekan kecil bisa terjadi. Namun satu komunitas bisa berjalan hampir dua tahun dan terus eksis, sepertinya tetap perlu diacungi jempol.

Mau Berbagi dalam ilmu.
Ini memang menjadi salah satu ciri khas komunitas. Kelebihan yang mau aku tonjolkan adalah sampai sejauh mana mereka bisa berbagi? Hmm...

Namanya Komunitas Blogger Anging Mamiri. Boleh kusingkat KBAM, kan? Kumpulan ini sering mengadakan pelatihan pengenalan blog sampai kepada orang di luar grup. Kata sebagian pebisnis, ilmu itu mahal. Terus kenapa? Ya pergunakan sebaik-baiknya dulu untuk kemakmuran diri dulu, baru kemudian disebar. Itu benar, tapi apa tak lebih bijak kalau kita belajar bersama untuk kemakmuran bersama. Toh, makin banyak yang belajar makin banyak yang berfikir, bukan? Ilmunya lebih cepat kumpul! Hehe mungkin itu jadi salah satu pertimbangan mereka. Mungkin.

Disediakan line khusus untuk anggota yang berkreativitas. Tentunya dibantu dengan promosi bagi yang ingin membisniskan kreativitasnya itu. Win-win solution.
"Salah satu anggota kami, satu tahun yang lalu berhasil menerbitka buku Ijo Anget-anget (maaf kalau salah eja. Aku cuma mendengar saja)". Bangga dengan salah satu anggotanya menjadi pendorong penting dari stabilnya komunitas. Anggota bisa bebas berkreativitas dengan terus berkarya. Menghasilkan duit dari itu. Komunitas dengan bantuan yang diberikan juga sama. WWS.


Masih banyak lagi poin penting lain. Sayang limit karakter! hiks

1 comments:

  1. Betul sob ..tadi pagi aku lihat mereka di TV One.
    Bravo sobat angin mamiri

    BalasHapus

Alhamdulillah jadi juga satu artikel lagi. Buat yang penasaran pengen komeng. Jangan ke sini. Tapi kalau penasaran pengen komen, yuk mari...

 
//add jQuery library