Kamis, November 05, 2009
Oh, sekarang terbalik. Untuk jalan belok kiri bagi pengendara bermotor itu jika tak ada rambu "Kiri Jalan Terus", artinya harus menyesuaikan Trafick Light. Beda dengan dulu. Jika tak ada tanda "menyesuaikan..." artinya pasti jalan terus. Hmm... rupanya itu alasan Pak Polisi mengusirku pagi ini.

Jadwal yang aku ceritakan yang aku stanby di dekat pos polisi, kemarin itu memang cuma hari Jum'at. Tapi aku masih punya tempat
lain, di persimpangan juga. Dan hari ini aku di salah satunya. Aku diusir salah satu opsir kenalanku. "Tolong agak menjauh dulu dari area ini, Pak. Ini mau saya jadikan tempat penyuluhan praktis hal 'belok kiri dan penyalaan lampu kendaraan di siang hari'." Lokasinya di tikungan arah kiri. Di situ temanku berdiri menyetop pengendara yang akan belok kiri langsung saat lampu sedang merah. Lalu diterangkan dengan kilat, hanya sampai lampu hijau mulai menyala.

Masih lebih enak kalau di baris depan setelah batas lampu merah itu motor semua. Jadi ngomong ke satu orang yang lain bisa ikut mendengarkan. Menarik, nguping sebentar, sempat ada tanya jawabnya, lho. Aku agak menjauh dari situ. Tapi tetap saja di tepi trotoar dengan menawarkan gelas seng untuk sekedar meminta keikhlasan yang lewat.

Info dari polisi tadi. Bukan hanya persimpangan ini. Tapi semua simpang paling tidak ada dua polisi. Hehe diseriusi juga untuk yang cuma seperti ini. Apa karena setelah kemarin muncul rekaman kriminalisasi KPK terus mencari nama baik lagi, ya? Ah, maaf Pak Polisi. Hanya bertanya. Setelah aku pikir lagi, benar-benar tak berhubungan kok, penyuluhan ini dengan kasus itu. Dan setelah dipikir-pikir lagi. Aku ingin membantu mereka.

Aku coba unjuk suara saja. Kusiapkan diri. Duduk di tepi trotoar di sisi kiri beberapa meter sebelum simpangan. Duduk dengan telapak kaki di jalan disilangkan seperti mau bersila. Di antara paha kulembarkan kain agar yang ikhlas mau kasih receh tinggal lempar saja ke kain itu. Kepalaku tengadah. Aku ingin lebih ekspresif dan atraktif. Aku buta. Jadi mulut dan tanganku yang pegang peranan. "Informasi! Sekarang belok kiri ikuti lampu merah. Tidak jalan terus, ya. Jadi siapkan rem. Harus berhenti jika lampunya merah". Begitu salah satu yang aku koarkan. Mulut kadang menirukan suara rem. Kadang berlaku mirip yang lagi ngerem. Kulakukan dengan penuh semangat. Semoga bisa membantu temanku itu. Amien...

0 comments:

Posting Komentar

Alhamdulillah jadi juga satu artikel lagi. Buat yang penasaran pengen komeng. Jangan ke sini. Tapi kalau penasaran pengen komen, yuk mari...

 
//add jQuery library